Membuat Database

By: Cha-Cha D AceWell

Create database bisa dilakukan bersamaan dengan proses instalasi software Oracle, tetapi bisa juga database dibuat setelah proses instalasi.
Ketika kita berbicara tentang database Oracle, bayangkan database Oracle seperti sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa struktur penyangga. Database Oracle merupakan struktur yang sangat kompleks. Secara garis besar arsitektur database Oracle dibagi dalam tiga bagian, yaitu :
  • struktur memory
  • struktur process
  • struktur penyimpanan (storage)
Setiap ketiga struktur diatas masih dibagi lagi menjadi beberapa komponen dimana setiap komponen mempunyai fungsi dan peran tersendiri tetapi saling berkaitan satu komponen dengan komponen lainnya. Jika salah satu komponen utama ada yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak maka database tidak akan bisa digunakan.
Disini sebenarnya saya hanya ingin mengatakan, membuat database di Oracle bukan hanya sekedar membuat file tempat menyimpan data. Membuat database Oracle berarti membangun suatu infrastruktur tempat penyimpanan data.
Bagaimana membangun database ?, Oracle sudah menyediakan tools untuk membuat database yaitu Oracle Database Configuration Assistant (ODBCA). Tetapi jika Anda ingin sedikit bersusah payah, silahkan membuat database secara manual dengan menggunakan perintah CREATE DATABASE.
Untuk membuat database dengan ODBCA, silahkan lihat disini
Terima kasih

0 Responses to "Membuat Database"

Leave a Reply

Jangan Lupha Tgalkan Peson Yow...