Materi 6

By: Cha-Cha D AceWell

Menyeleksi dan Mengurutkan Data

Prasyarat :
- Anda sudah membaca dan memahami materi 5 yaitu tentang cara menampilkan data
Dengan perintah SELECT yang sederhana seperti sebelumnya, maka semua baris data akan ditampilkan. Terkadang kita perlu hanya menampilkan data dengan kriteria tertentu saja. Misalkan menampilkan data pegawai yang ada di kode bagian 12 atau menampilkan pegawai dengan gaji dibawah Rp. 3.000.000,-. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pada perintah SELECT perlu ditambahkan klausa WHERE yang bisa kita gunakan untuk menambahkan kriteria atau kondisi data yang akan ditampilkan. Syntax perintah SELECT menjadi sebagai berikut:
 
Jalankan dua perintah berikut ini dan perhatikan outputnya.
Perintah ini hanya menampilkan data pegawai dengan KODE_BAG=12
SELECT *
FROM pegawai
WHERE kode_bag=12;
Perintah ini hanya menampilkan data pegawai dengan GAJI dibawah 3000000
SELECT *
FROM pegawai
WHERE gaji < 3000000;
Semoga anda sudah semakin memahami cara menyeleksi data dengan perintah SQL.
Selanjutnya, jika kita perhatikan pada klausa WHERE, kriteria yang kita berikan berupa ekspresi yang terdiri dari nama_kolom, operator pembanding dan nilai_kriteria. Untuk komponen kriteria tersebut dijelaskan sebagai berikut:
nama_kolom
adalah nama kolom yang terdapat pada tabel yang akan ditampilkan datanya. Seperti kolom NIP, NAMA, JK, EMAIL, GAJI dan KODE_BAG pada tabel PEGAWAI.
operator_pembanding
adalah operator pembanding tunggal seperti = (sama dengan), > (lebih besar), < (lebih kecil), >= (lebih besar sama dengan), <= (lebih kecil sama dengan) dan <> (tidak sama dengan) atau operator pembanding jamak seperti IN, LIKE dan BETWEEN…AND…Operator pembanding juga bisa dikombinasikan dengan beberapa fungsi yang akan dijelaskan pada bagian lain.
nilai_pembanding
adalah nilai yang kita tentukan. Nilai yang kita isi ini harus sesuai tipe datanya dengan kolom yang kita bandingkan. Jika kolom bertype data karakter atau date(tanggal) maka nilai harus kita apit dengan tanda kutip tunggal, contohnya adalah WHERE nama=’YULI’
Sebagai latihan :
  • tampilkan pegawai dengan nama TONO
  • tampilkan pegawai dengan NIP 1302
Operator BETWEEN…AND…
Operator BETWEEN..AND.. digunakan untuk menampilkan data yang berada dalam interval nilai tertentu. Untuk menggunakan operator ini harus ditentukan nilai batas bawah dan batas atas. Sebagai contoh, tampilkan pegawai yang gajinya berada dalam interval 5000000 sampai 7000000, maka perintahnya ditulis seperti berikut:
SELECT NIP,NAMA,GAJI
FROM PEGAWAI
WHERE GAJI BETWEEN 5000000 AND 7000000;
Operator IN
Jika dengan operator = (sama dengan) nilai pembanding yang bisa diberikan cuma satu nilai, seperti pegawai yang gajinya 3000000 maka ditulis (WHERE GAJI = 3000000) sehingga yang ditampilkan adalah hanya pegawai yang gajinya 3000000. Bagaimana jika ingin menampilkan pegawai yang gajinya 2000000, 3000000 dan 5000000 dengan satu perintah SELECT. Untuk kasus seperti ini gunakanlah operator IN. Perintahnya ditulis seperti berikut:
SELECT NIP,NAMA,GAJI
FROM PEGAWAI
WHERE GAJI IN (2000000,3000000,5000000);
Operator LIKE
Operator LIKE digunakan untuk menampilkan data yang sesuai dengan format tertentu. Untuk menentukan format baik untuk data karakter maupun numerik digunakan wildcard _ (underscore) dan % (persen)
  • _ (underscore) format untuk mewakili satu karakter
  • % (persen) format untuk mewakili beberapa karakter
Contoh:Tampilkan pegawai yang Namanya diawali dengan hurus E.
perintahnya :
SELECT NIP,NAMA
FROM PEGAWAI
WHERE NAMA LIKE ‘E%’;
Tampilkan pegawai yang karakter kedua dari namanya adalah huruf I.
perintahnya:
SELECT NIP,NAMA
FROM PEGAWAI
WHERE NAMA LIKE ‘_I%’;
Cobalah dengan kombinasi format lainnya.
OPERATOR LOGIK
Kita memerlukan logika operator dalam menyeleksi data jika kondisi atau kriteria yang kita inginkan lebih dari satu. Operator logika berfungsi untuk menghubungkan kondisi-kondisi tersebut. Operator logika yang bisa digunakan seperti tertera di bawah ini.
Operator AND
Dengan operator AND, data yang akan dimunculkan adalah data-data yang memenuhi kedua kondisi. Sebagai contoh akan ditampilkan data pegawai yang kode_bagian=11 dan gajinya diatas 3000000, perintahnya adalah sebagai berikut:
SELECT * FROM PEGAWAI
WHERE KODE_BAG=11 AND GAJI > 3000000;
Operator OR
Data akan ditampilkan jika minimal memenuhi salah satu kondisi. Sebagai contoh akan ditampilkan data pegawai yang kode_bagian=11 atau pegawai gajinya diatas 3000000, perintahnya adalah sebagai berikut:
SELECT * FROM PEGAWAI
WHERE KODE_BAG=11 OR GAJI > 3000000;
Operator NOT
Data akan ditampilkan jika tidak memenuhi kondisi. Operator NOT berfungsi untuk menegasikan kondisi. Sebagai contoh, tampilkan pegawai yang bukan KODE_BAG 11, perintahnya sebagai berikut:
SELECT * FROM PEGAWAI
WHERE NOT (KODE_BAG=11);
ORDER BY
Klausa ORDER BY digunakan untuk melakukan pengurutan data berdasarkan kolom tertentu. ORDER BY diletakkan di akhir dari perintah SELECT. Syntax perintah SELECT dengan ORDER BY menjadi seperti berikut:
    Keterangan :
  • ASC : mengurutkan dari kecil ke besar
  • DESC : mengurutkan dari besar ke kecil
  • Defaultnya adalah ASC
Tulis perintah-perintah berikut untuk lebih memahami pengurutan data
SQL> SELECT * FROM PEGAWAI
2 ORDER BY NIP;
SQL> SELECT * FROM PEGAWAI
2 ORDER BY NAMA;
SQL> SELECT * FROM PEGAWAI
2 ORDER BY GAJI DESC;
Sorting berdasarkan kolom ALIAS
SQL> SELECT NIP, NAMA, (GAJI*0.5) AS “BONUS”
2 FROM PEGAWAI
3 ORDER BY BONUS DESC;
Sorting lebih dari satu kolom
SQL> SELECT KODE_BAG, NIP, NAMA, GAJI
2 FROM PEGAWAI
3 ORDER BY KODE_BAG, GAJI;
SQL> SELECT KODE_BAG, NIP, NAMA, GAJI
2 FROM PEGAWAI
3 ORDER BY KODE_BAG, GAJI DESC;
Sekian dan Terimakasih

0 Responses to "Materi 6"

Leave a Reply

Jangan Lupha Tgalkan Peson Yow...